Breaking News
Loading...
Tuesday, April 14, 2015

Wisata Candi Gedong Songo

11:33:00 AM

     Traveling, Candi Gedong Songo terletak di lereng Gunung Ungaran, Candi ini terletak di di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang & kompleks candi ini dibangun sekitar abad ke-9 Masehi. Kata Gedong Songo berasal dari bahasa Jawa, Gedong berarti tempat tinggal   atau bangunan yang besar sedangkan Songo mempunyai arti sembilan. Jadi Arti kata Gedongsongo adalah sembilan bangunan atau sembilan candi.

     Lokasi 9 candi yang tersebar di beberapa tempat yang ada di lereng Gunung Ungaran ini mempunyai pemandangan alam yang bagus. Pada sekitar lokasi juga terdapat hutan pinus yang tertanam rapi dan  mata air yang mengandung belerang. Kabut tipis turun dari atas gunung acapkali muncul mengakibatkan mata tidak dapat memandang Candi Gedongsongo dari kejauhan. Candi ini mempunyai persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Candi ini berada pada ketinggian lebih kurang1.200 m pada atas permukaan laut sehingga suhu udara disini cukup dingin.

     Untuk mencapai ke Candi Gedong I, kita wajib  berjalan sejauh 200 meter melalui jalan setapak yang naik. Anda dapat memanfaatkan jasa transportasi kuda untuk mengelilingi obyek wisata Candi Gedong songo. Pada tahun 1740, Loten menemukan kompleks Candi Gedong Songo. Pada tahun 1804, Raffles mencatat kembali kompleks tersebut dengan nama Gedong Pitoe karena hanya ditemukan tujuh bangunan. Van Braam membentuk publikasi dalam tahun 1925, Friederich & Hoopermans menghasilkan goresan pena tentang Gedong Songo dalam tahun 1865. Tahun 1908 Van Stein Callenfels melakukan penelitian terhadap kompleks candi dan Knebel melakukan inventarisasi pada tahun 1910-1911.

     Tepat di antara Candi Gedong tiga dengan Gedong empat terdapat sebuah kepunden gunung yang mengeluarkan air panas (sumber air panas) dengan kandungan belerang relatif tinggi. Para wisatawan dapat menghangatkan tubuh serta mandi disebuah pemandian yang dibangun di dekat kepunden tadi. Bau belerangnya cukup kuat dan kepulan asapnya tidak begitu tebal saat mendekati sumber air panas tersebut. Karena keindahannya tersebut, Candi Gedong Songo sering digunakan untuk  foto Pre Wedding.

Tiket Masuk:
○ Dewasa/lima tahun ke atas: Rp 5.000/orang
○ Wistawan Asing                 : Rp 25.000/orang

Tarif Jasa Naik Kuda Candi Gedong Songo
○ Wisata mengelilingi desa Rp 25.000     (Wisman Rp 35.000)
○ Ke Air Panas Rp 40.000                        (Wisman Rp 60.000)
○ Ke Candi II Rp 30.000                           (Wisman Rp 40.000)
○ Paket candi Songo Rp 50.000                (Wisman Rp 70.000)

Untuk menuju ke Candi Gedong Songo dapat ditempuh sekitar 40 menit dari Kota Ambarawa dengan jalanan yang cukup menanjak, & kemiringannya sangat tajam. Berikut adalah daftar jarak tempuh menuju candi ini dari beberapa arah atau tempat di semarang :

○ Ungaran      --> Gedong Songo : 25 km
○ Ambarawa  --> Gedong Songo : 15 km
○ Semarang    --> Gedong Songo : 45 km

0 komentar:

Post a Comment

 
Link Friend