Breaking News
Loading...
Saturday, April 11, 2015

Manfaat Madu Bagi Kesehatan

11:39:00 AM
     Travelling, Kegiatan mengumpulkan madu konon telah berlangsung sejak 10.000 tahun yang lalu. Terbukti dari penemuan gambar dalam dinding pada sebuah gua di Kota Valencia, Spanyol. Gambar tersebut menggambarkan dua laki-laki memakai tangga yang terbuat dari sejenis rumput liar sedang meraih sarang lebah berisi madu. Dalam awalnya, manusia lebih memanfaatkan madu menjadi kuliner. Kemudian, pemakaian madu tidak lagi terbatas hanya dikonsumsi sebagai pemanis.

Berikut Khasiat Madu

1. Madu sebagai penyuplai energi

     Pada masa lalu, para atlet Romawi dan Yunani telah meminum madu sebelum dan sesudah bertanding sebagai obat penyuplai stamina dan untuk mengembalikan tenaga. Selama ber tahun-tahun madu sudah dikenal menjadi bahan bakar para olahragawan  karena madu mengandung gula yang cepat diserap sang sistem pencernaan jadi madu merupakan sumber untuk memperoleh tenaga instan. Hingga saat kini, dalam dunia olahraga madu diberikan sebelum pertandingan & menjadi pengganti karbohidrat yang digunakan pada waktu latihan.

2. Madu Seefektif glukosa

     Hasil riset yang dikeluarkan sebuah jurnal kesehatan menjelaskan kadar glycemic index (GI berukuran untuk mengukur akibat negatif makanan dalam gula darah) yang rendah dalam madu memperlambat penyerapan gula dalam darah, dan hasilnya madu lebih menyehatkan sistem pencernaan & menjamin ketersediaan karbohidrat selama berolahraga. Sementara itu, Laboratorium Nutrisi pada Universitas Mempish menyatakan bahwa madu seefektif glukosa dapat digunakan sebagai pengganti karbohidrat selama pemanasan.

3. Madu sebagai obat Penyembuh luka

     Dalam dunia pengobatan rakyat Yunani dan Romawi yang memelopori penggunaan madu sebagai obat hidung tersumbat sementara itu bangsa mesir kuno memanfaatkan madu sebagai obat penyembuh luka. Mereka membuat salep dari madu yang digunakan untukmengobati luka bakar & luka akibat tusukan benda tajam.

4. Madu menjadi antibiotik

     Setelah  beribu tahun dipakai, khasiat madu menjadi obat luka terungkap secara ilmiah. Madu dapat bekerja sebagai antibiotik alami yang sangggup mengalahkan bakteri yang sangat mematikan. Madu bersifat asam oleh sebab itu madu tidak cocok untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri. Madu dapat menghasilkan hidrogen peroksida yang berguna sebagai anti septic. Sistem osmosis di dalam madu dapat membunuh bakteri, madu yang sedikit mengandung air menyebabkan sistem osmosis dapat menyerap air dari bakteri dalam luka dan luka bakar, madu bersifat seperti spons menyerap air. Madu dapat mengeringkan (mambasmi) bakteri sehingga bakteri sulit tumbuh.

5. Madu untuk Membunuh kuman

     Kandungan gizi yang luar biasa antara lain asam amino bebas dalam madu sanggup membantu penyembuhan penyakit. Madu mengandung zat antibiotik yang bermanfaat untuk membantu sel darah putih mengalahkan kuman patogen penyebab panyakit infeksi pada luka.

6. Madu digunakan untuk Terapi

     Bangsa Mesir sudah dikenal paling pandai dalam meramu obat-obatan dari bahan alami. Madu termasuk kedalam 500 resep obat dari 900 resep yang diketahui. Pengobatan terkini yang mengacu pada terapi kuno penggunaan madu dari Mesir, dan hasilnya sangat memuaskan.

7. Madu sebagai obat borok

     RS Universitas Wisconsin Medical School and Public Health misalnya, Mengaplikasikan terapi madu bagi borok yang diderita oleh penderita diabetes. Uji coba yang dilakukan terhadap seorang pasien yang berusia 79 tahun berhasil menyembuhkan borok dalam jari kakinya. Dan hasilnya pasien tidak jadi diamputasi kakinya.

8. Madu sebagai Antioksidan
     Di Selandia Baru, terapi madu berhasil menyembuhkan lecet pada punggung pasien yang terlalu lama terbaring di ranjang tempat tinggal karena sakit. Di UEA, terapi madu untuk luka herpes bibir & alat kelamin terbukti mempercepat penyambuhan & mengurangi rasa sakit. Sementara itu buat menandakan peran madu menjadi antioksidan peneliti pada Universitas California mennerangkan bahwa mengkonsumsi madu dapat menaikkan antioksidan dalam darah. Uji coba dalam tikus untuk mencoba kemampuan madu dalam meningkatkan penyerapan kalsium menunjukkan hasil yang memuaskan. Riset di Universitas Purdue itu menyimpulkan, konsumsi suplemen kalsium bareng madu bisa mempertinggi penyerapan kalsium sang tubuh.

9. Madu buat Awet muda

     Mengapa Ibu Suri Kerajaan Inggris dan Ratu Elizabeth dapat berumur panjang? Dapat diyakini, bahwa madu berperan besar dalam menjaga kesehatan keduannya sehingga mempunyai umur yang panjang. Kerajaan inggris setiap hari sarapan dengan menggunakan madu, mereka mengoleskan madu berkualitas tinggi dalam roti. Manis alami madu digunakan di Inggris hingga pertengahan abad ke-17. Kebiasaan tadi sempat berubah pada waktu gula yang dianggap lebih berkelas mulai di produksi. Tetapi setelah peredaran gula yang semakin luas, pemakaiannya tak lagi terbatas pada kalangan atas, tetapi keluarga kerajaan inggris masih tetap mengonsumsi madu. Itulah sebabnya kesehatan mereka terjaga dengan baik.

0 komentar:

Post a Comment

 
Link Friend