Breaking News
Loading...
Saturday, April 11, 2015

Wisata Gunung Merapi

11:58:00 AM

     Travelling, Gunung Merapi merupakan satu-satunya gunung berapi yang terdapat pada wilayah  Yogyakarta. Dengan ketinggian 2968 mdpl, (kondisi tahun 2001) atau 3079 meter di atas kota Jogja, Gunung Merapi terletak dalam garis bujur 7°32,5' Lintang Selatan & 110°26,lima' Bujur Timur, gunung ini termasuk pada daerah Sleman, Magelang, Boyolali, & Klaten.

     Gunung bertipe strato dengan kubah lava ini terkenal dengan guguran lava yang masih acapkali terjadi. Keindahan guguran lava tersebut dapat disaksikan dari kota Yogyakarta dengan mata telanjang karena lava tampak menyala dengan jelas, terlebih lagi jika terjadi dalam ketika malam hari. Namun Jika menginginkan, pengunjung mampu melihat lebih dekat dari beberapa pos pengamatan dengan menghubungi petugas terlebih dahulu yang ada di beberapa pos, seperti misalnya dari Pos Pengamatan Kaliurang (dua pos), Pos Pengamatan Selo, Jrakah, Krinjing, dan Babadan.

     Bagi warga  Jawa, Gunung Merapi adalah sumber kekuatan spiritual. Setiap tahun dalam bulan Rejeb, pihak Kraton Yogyakarta selalu membuat persembahan kepada Gunung Merapi supaya gunung ini tidak "marah" seperti halnya jua dilakukan kepada Ratu Laut Selatan dalam upacara istiadat Labuhan.

Wisata Gunung Merapi dikembangkan dalam aneka macam bentuk; contohnya kawasan Wisata :
♣ Kaliurang
♣ Kaliadem
♣ Kalikuning
♣ Merapi Golf
♣ Hutan Wisata Turgo-Plawangan
♣ Pendakian Alam Gunung Merapi
     Pengelolaan bentuk dan tempat wisata tadi ditangani secara memadai dengan penyediaan banyak sekali macam fasilitas penginapan & tempat makan pada sekitar lokasi obyek wisata.

   

Bila Gunung Merapi sedang tertidur, Anda dapat mendaki ke puncak gunung. Terdapat 3 jalur yang umum dilewati pendaki, baik pemula juga profesional, yaitu :
♣ Jalur Kinahrejo-Kaliadem dari sisi selatan
♣ Jalur Babadan melalui lereng barat
♣ Jalur Selo-Plalangan dari sebelah utara puncak Merapi
   Ketiga jalur tadi memerlukan stamina atau ketahanan fisik & mental yang prima dan ketiganya mengandung resiko bahaya Bila tidak berhati-hati.






     Disana juga ditawarkan paket lava tours, disana anda dapat berkeliling dengan menggunakan jeep ataupun motor trail. Hamparan pasir sisa lahar dingin dapat anda saksikan di kali gendol, kali opak. Dengan Paket ini anda juga dapat berziarah ke desa Mbah Maridjan dan anda juga dapat menyaksikan sisa-sisa begitu dahsyatnya Erupsi  Merapi kala itu. Menikmati pemandangan Gunung Merapi kini sungguh mempesona terutama dengan fasilitas kendaraan jeep dan motor trail yang cocok untuk melalui medan-medan cukup terjal dan jalan yang sudah rata dan penuh bebatuan besar sisa erupsi Merapi.
     ♣Berikut adalah paket berkeliling merapi yang di tawarkan dari tempat wisata di kaliurang :♣

1.Lava Tours dengan kendaraan Jeep (Rute Pendek) biaya Per orang Rp. 100.000,-
   Start: Telaga Putri => Kali kuning => Kali Opak => Kali Gendol => Desa Petung => Desa Jambu =>     Desa Kali Adem
Finish: Gardu Pandang Kawasan Kaliurang
Jarak tempuh: sekitar 20 Km
Lama Waktu: lebih kurang 1,5 jam
2.Lava Tours dengan Jeep (Rute panjang) Biaya Per orang Rp. 200.000,-
   Rute: Telaga Putri => Kali kuning => Kali Opak => Kali Gendol => Desa Petung => Desa Jambu => Desa Kali Adem => Dusun Bronggang => Dusun Klai tengah => Makam Mbah Marijan 2km dr puncak Merapi-
Finish: Gardu Pandang Kawasan Kaliurang
Jarak tempuh: sekitar 30 KM
Lama Waktu: lebih kurang 2, 5 Jam
3. Paket Gabungan Lava Tours dengan Kaliurang Cycling Tours
    Biaya menyesuaikan jumlah Peserta
Setelah berpetualang Lava Tours dilanjutkan dengan bersepeda start di Gardu Pandang  Museum Merapi => Area persawahan => Suasana Pedesaan => Kebun salak => Rumah makan yang di kehendaki.
Lama Waktu: kurang lebih 4 Jam

0 komentar:

Post a Comment

 
Link Friend