Breaking News
Loading...
Friday, April 10, 2015

Pantai Parangtritis Yogyakarta

4:00:00 PM
     Traveling, Pantai Parangtritis adalah salah satu objek wisata pantai yang ada di Yogyakarta, diantara tempat wisata pantai lain yang ada di yogyakarta pantai parangtritis merupakan destinasi wajib jika anda sedang pergi ke jogja.


     Parangtritis menurut kisah legenda dalam zaman Kerajaan Majapahit, ada seseorang pelarian dari Kerajaan tersebut yang bernama Dipokusumo yang ditempat itu sedang melakukan pertapaan. Ketika melakukan semedi, beliau melihat air menetes ( tumaritis ) yang berasal dari celah-celah batu karang ( parang ). Kemudian Dipokusumo memberi nama wilayah itu Parangtritis yang artinya air yang menetes dari batu.


     Pantai ini diyakini sang rakyat setempat sebagai perwujudan kesatuan dari Keraton Jogja, Gunung Merapi dan Parangtritis itu sendiri. Sebagai akibatnya warga  selalu menghubungkan bilamana terdapat kenyataan alam yang sedang terjadi pada antara ketiga tempat hal tersebut.


     Parangtritis memiliki pemandangan yang unik yang tidak terdapat pada obyek wisata pantai lain, yang menjadikannya unik adalah pantai parangtritis memiliki ombak yang besar & terdapatnya gunung-gunung pasir disektar kawasan pantai tersebuti yang disebut dengan gumuk. Dalam isu terkini angin kering pada umumnya akan bertiup lebih cepat & ombak akan bisa mencapai ketinggian 2 atau 3 meter. Dikarenakan ombaknya yang begitu besar maka pengunjung Pantai Parangtritis dilarang untuk berenang di sekitar pantai, untuk itu telah disediakan fasilitas pemandian umum yang dapat digunakan buat para pengunjung yang ingin berenang dengan aman dan nyaman.


     Terdapat pemandian yang cukup unik yang terdapat tidak jauh dari tempat Pantai Parangtritis yaitu Pemandian Parang Wedang.


Lokasi


     Pantai Parangtritis ialah pantai yang paling populer yang terletak di Kabupaten Bantul Yogyakarta, Kecamatan Kretek, Desa Parangtritis. Pantai ini terletak kurang lebih 25 km sebelah selatan kota Yogyakarta.


Akses


     Berjarak sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta dapat memilih 2 jalur yang dipakai buat hingga ke lokasi ini. Yang pertama adalah jalur Yogyakarta => Jl. Parangtritis => Kretek => Parangtritis. Jalur yang ke-2 dari Yogyakarta => Imogiri => Parangtritis. Jalur yang kedua ini sedikit lebih jauh akan tetapi dalam perjalanannya anda akan mendapatkan pemandangan alam yang menarik lebih bagus dari pada memakai jalur yang pertama. Di sepanjang jalan anda akan melawati persawahan warga yang menghijau, sungai yang berkelok - kelok perbukitan dan Bila anda menyempatkan mengunjungi Makam Raja Imogiri, maka anda akan mendapatkan sesuatu yang menarik di sepanjang jalan menuju imogiri hingga ke Imogiri.


Harga Tiket


     Harga tiket masuk ke Pantai Paarangtritis sangat terjangkau , berikut adalah daftar tarif yang berlaku pada Parangtritis ( Maret 2014 )


@ Tiket masuk Rp. 3.000,- setiap orang

@ Tarif masuk motor Rp.1.000,

@ Tarif masuk mobil Rp.5.000,

@ Tarif parkir motor Rp. 2.000,

@ Tarif parkir kendaraan roda empat Rp. 5.000,

@ Tarif sewa ATV Rp. 50.000,- setiap 15 menit

@ Tarif sewa kereta kuda Rp. 20.000,- sejauh 1 kali putaran



     Obyek wisata pantai parangtritis ini sudah semenjak lama dikelola dengan baik oleh Pemkab Bantul sebagai akibatnya fasilitas yang mendukung kepariwisataan sudah relatif lengkap.

1 komentar:

 
Link Friend