Breaking News
Loading...
Tuesday, May 26, 2015

Mitos Mitos Pegunungan Di Indonesia

12:04:00 PM

     Traveling, Banyak sekali gunung yang ada di indonesia, baik itu yang masih aktif maupun tidak, karena indonesia dilalui oleh "Ring Of Fire" atau jalur api dunia. Di indonesia banya sekali gunung yang sering menjadi tujuan untuk pendakian, namun pada setiap gunung pasti memiliki pantangan-pantangan yang harus dihindari. Oleh karena ituartikel ini sangat baik bagi anda para pendaki yang ingin mendaki karena pada artikel ini saya akan memberikan ulsan mengenai mitos-mitos pegunungan di indonesia. Untuk lebh jelasnya mari kita simak berikut ini :

1. Istana Makhluk Tak Kasat Mata Di Gunung Merapi
Konon di gunung yang berlokasi di sleman ini di percaya sebagai tempat istana bagi makhluk halus. Menurut penduduk sekitar gunung merapi dipercaya memiliki beberapa tempat yang disakralkan, tempat-tempat ini merupakan tempat-tempat yang konon keberadaannya dijaga oleh makhluk halus dan memiliki kekuatan gaib yang harus dihormati. Karena diyakini adanya tempat-tempat yang dihuni oleh makhluk halus maka terdapat juga hal yang dijadikan pantangan bagi siapa saja yang ingin ke gunung merapi terutama bagi penduduk sekitar. Pantangan-pantangan ini seperti dilarang menebang pohon, rumput ataupun mengambil atau memindahkan benda apapun yang terdapat diarea pegunungan, selain itu juga terdapat beberapa pantangan lainnya seperti larangan berbicara kotor ataupun buang air di area pegunungan. Konon apabila melanggar pantangan-pantangan ini, maka makhluk tak kasat mata penghuni gunung merapi akan murka dan bisa mendatangkan bencana bagi yang melanggarnya.

2. Pasar Hantu Di Gunung Arjuna
Salah satu gunung di malang jawa timur ini diyakini menyimpan berbagai mitos menyeramkan yang telah melegenda sejak ratusan tahun lalu. Konon diwilayah pendakian puncak gunung arjuna terdapat sebuah pasar hantu,diarea ini terdapat makam para pendaki yang meninggal di gunung arjuna. Menurut cerita pernah ada pendaki yang membuka tenda di area tersebut untuk bermalam sebelum menuju ke puncak, pada malam harinya konon pendaki tersebut dikagetkan dengan suasana ramai diluar tendanya, dan ia melihat seperti ada sebuah pasaryang begitu ramai, karena penasaran pendaki ini keluar untuk berkeliling pasar dan membeli sebuah jaket namun betapa terkejutnya ia setelah bangun tidur di pagi hari ia tidak menemukan bekas-bekas pasar seperti yang dilihatnya semalam.

3. Tanjakan Cinta Di Gunung Semeru
Tanjakan cinta merupakan sebuah lokasi di area gunung semeru tepatnya di sebelah barat ranu kumbolo, menurut cerita penah ada sepasang kekasih yang hendak melewati tanjakan cinta namun dipertengahan jalan sang perempuan kelelahan dan memilih untuk beristirahat, kemudian sang pria yang sudah berada diatas hanya melihat kekasihnya yang masih berada dibawah sambil memotretnya dengan kamera, namun naas sang pendaki perempuan tiba-tiba saja pingsan dan terguling kebawah hingga tewas. Menurut warga sekitar untuk melewati tanjakan cinta ini, terdapat beberapa hal yang tidak dapat dilakukan oleh pendaki, salah satunya adalah larangan berhenti dan menengok ke belakang ketika sedang menaiki tanjakan cinta, apabila hal ini berhasil dilakukan maka pendaki yang sedang jatuh cinta diyakini akan mengalami kisah cinta yang bahagia. Entah benar atau tidak kisah tanjakan cinta ini sudah menjadi mitos yang melekat di gunung semeru.

4. Misteri Jalak Gading Di Gunung Lawu
Gunung lawu terletak di perbatasan antara jawa tengah dan jawa timur. Menurut cerita gunung lawu dihuni oleh burung yang misterius, burung ini bernama jalak gading. Burung ini konon akan menjadi teman perjalanan bagi siapa yang ingin mendaki gunung lawu. Konon jika ada yang melihat burung ini dan menggangunya maka burung ini dapat membuat si pendaki tersebut tersesat, Namun sebaliknya jika kita tidak menggangunya makan burung itu senantiasa akan menuntun sang pendaki menuju puncak lawu.

5. Mitos Gunung Slamet
Gunung slamet adalah gunung aktif yang berada di ketinggian 3428 mdpl. Digunung ini juga terdapat tempat wisata terkenal yaitu batu raden. Mitos yang ada di gunung slamet adalah nama dari gunung slamet mempunyai arti jika dalam bahasa indonesia berarti "selamat", karena gunung yang tidakpernah meletus ini juga memberikan rasa aman bagi penduduk sekitar, selain itu mitos lainnya adalah jika gunung slamet meletus maka dapat membelah pulau jawa menjadi 2 bagian. Memang kebenarannya sulit untuk dibuktikan, namun mitos ini sudah berkembang sejak ratusan tahun lalu.

6. Akar Gaib Di Gunung Bromo
Tidak sedikit para pendaki yang tersesat di gunung bromo, dan tersesatnya para pendaki ini bukan disebabkan karena tebalnya kabut yang menyelimuti gunung bromo, melainkan adanya misteri di gunung tersebut. Konon di lautan pasir gunung bromo terdapat akar gaib yang melintang di sepanjang lautan pasir, akar gaib ini tak bisa ditembus dengan kasat mata. Banyak pendaki yang tersesatkarena tidak bisa menjaga ucapannya dan tidak bisa menjaga etikanya selama diperjalanan. Dan jika ingin kembali kearah jalan semula sang pendaki harus membuka bajunya dan memakainya secara terbalik.

     Itulah artikel mengenai mitos-mitos pegunungan di indonesia, entah benar atau tidaknya semua itu memang sulit untuk dipercaya, namun itu semua kembali lagi pada diri kita masing masing, mau mempercayainya atau tidak atau bahkan ingin membuktikannya, saya tutup artikel ini sampai disini semoga bermanfaat dan terima kasih.

3 komentar:

 
Link Friend